Friday, August 25, 2017

Tips diet: Gimana cara konsisten diet? Gimana cara konsisten olahraga? Gimana cara konsisten hidup sehat?

Original post is on my instagram

Salah satu pertanyaan yang sering banget ditanya ke saya, "Gimana sih caranya konsisten? Gimana caranya punya niat bulat?"

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, saya melakukan perubahan gaya hidup ini karena awalnya saya merasakan sakit. Tamparan keras yang saya dapatkan adalah dimana saya merasa saat itu (ketika saya merasakan sakit) adalah kesempatan terakhir saya untuk mencoba merubah hidup lebih baik, dan menyelamatkan hidup saya.
Dan itulah titik balik saya.

Dari awal sampai sekarang tujuan saya hanya untuk KESEHATAN.

Dan dari awalpun saya gak pernah nargetin saya ingin turun berapa kilo karena saya udah mikir gak mungkin duluan (sebelum ini saya udah mengalami kegagalan bolak-balik)

Karena itu di kesempatan terakhir ini, pikiran saya murni "YANG PENTING GW GERAK DULU. MAU ADA HASILNYA MAU ENGGAK. YANG PENTING GW NYOBA DAN GERAK."

Anyway, munafik kalau saya bilang saya gak mau terlihat lebih cantik & bisa pakai baju2 lucu kayak teman2 sebaya saya, pastilah saya ada keinginan itu hehe.
Tapi itu bukan tujuan utama saya, tujuan utama saya saya ingin sehat demi orang2 terkasih saya dan demi saya sendiri :)




Jika kesehatan adalah turning point saya, mungkin teman-teman ada/akan ada turning point sendiri.
Pastilah setiap manusia punya cerita hidup yang berbeda beda. Simplenya gini...
Coba cari hal yang paling buat sakit hati (lol) atau yang mengganjal di pikiran.
Cari sesuatu yang punya power untuk mendorongmu untuk berubah.

Pernah dibully gara2 fisik? 
Pernah ada kenangan ditolak gara2 fisik? (saya sering dapet cerita kayak gini btw)
Gak pede dengan diri sendiri?
Mulai merasa beban tubuh ini sudah terlalu berat?

Anything. Make it as your turning point!

Balik lagi ke cerita saya, kenapa saya bisa konsisten sampai sekarang.

Saya telah mengalami kegagalan bolak balik, saya sudah sampai di titik dimana saya sudah merasa saat itu adalah kesempatan terakhir saya. "Enough is enough" - itu adalah saya.
Sudah cukup saya menyia-nyiakan berbagai kesempatan dan saya gak mau kalah dengan rasa malas lagi.

Sekarang saya sudah menjadikan pola makan sehat & olahraga adalah kebutuhan premier saya.
This is my lifestyle.
Dan ini adalah KOMITMEN SEUMUR HIDUP saya, bukan seasonal, untuk alasan-alasan tertentu atau target-target tertentu.

Alasan lain, sayapun sampai sekarang masih terhantui rasa sakit yang saya alami dulu dan saya gak pengen ngerasain itu lagi.

Kalau saya boleh kasih saran, teman-teman boleh memilih cinta, kecantikan, dll untuk jadi turning point teman-teman. Tapi, buatlah kesehatan untuk menjadi goal teman-teman.

Karena ketika kita memilih kesehatan untuk menjadi goal kita, kita tidak menargetkan sekedar "angka" lagi, kita menargetkan bagaimana kita ingin lebih kuat tiap harinya, lebih fit tiap harinya.
Dan ketika kita memilih kesehatan, proses ini akan berjalan secara cepat dan tidak akan ada rasa tersiksa sama sekali.

Kalau olahraga membuatmu tersiksa, tandanya kamu masih merasa TERPAKSA yang diakibatkan kemungkinan gara-gara target tertentu.

Begitupun juga diet, kalau kamu merasa tersiksa, tandanya diet kamu SALAH. (Bagaimana diet yang paling baik? Akan saya post di post selanjutnya)

Jadikanlah olahraga & pola makan sehat menjadi gaya hidupmu, kebutuhanmu, inilah jawaban bagaimana cara untuk konsisten :)

---

P.s 

Funny fact

Sejak saya rutin olahraga & mengganti pola makan lebih sehat, seringkali ketika saya gak olahraga karena malas, saya merasakan badan saya lebih pegel daripada ketika saya olahraga. Begitupun dengan makanan, kalau saya makan makanan "sampah" terlalu banyak, saya langsung merasakan ada yang aneh di tubuh saya, seolah-olah badan sudah mendetox sendiri agar tidak makan makanan "sampah" itu lagi :)))

Serius bukannya lebay tapi memang ini kenyataannya! Mungkin teman-teman akan merasakan apa yang saya rasakan nantinya, atau mungkin sudah ada teman-teman yang merasakan apa yang saya rasakan. Hahaha.


1 comment: